Sejarah Enterpreneurship Award

Sejarah Enterpreneurship Award

Pada tahun 2020 Menteri Pendidikan Nasional telah mencanangkan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) bertujuan mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan yang berguna untuk memasuki dunia kerja. MBKM memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk memilih mata kuliah yang akan mereka ambil, serta mengikuti berbagai kegiatan di luar perguruan tinggi, salah satunya adalah kegiatan kewirausahaan.

Kegiatan kewirausahaan dalam MBKM bertujuan untuk mendorong mahasiswa menjadi wirausahawan muda. Hal ini penting karena jumlah pengusaha di Indonesia masih rendah, yaitu hanya 3,6% dari populasi penduduk. Disisi lain target Indonesia menjadi negara maju mengharapkan rasio entrepreneur Indonesia di atas 10%.

Oleh karena itu, dalam rangka mendorong penambahan jumlah wirausahawan, terutama generasi muda, maka sejak awal Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah X (LLDIKTI X) telah melaksanakan Entrepreneurship Award (EA) sejak Tahun 2017. Kegiatan ini merupakan ajang penghargaan kepada mahasiswa baik untuk usaha mahasiswa yang sudah berjalan ataupun apresiasi bagi rencana bisnis bagi yang baru akan memulai usaha.

Pada awalnya, EA hanya diperuntukkan bagi mahasiswa di Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang berada di wilayah LLDIKTI X, yaitu Sumatera Barat, Riau, Jambi, dan Kepulauan Riau. Namun, melihat suksesnya pelaksanaan EA pada setiap tahunnya, maka ajang ini pun dibuka seluas-luasnya kepada mahasiswa PTS se-Indonesia.

Sebagai informasi, agenda EA kali pertama dilaksanakan di Universitas Baiturrahman, Sumatera Barat pada tahun 2017, berlanjut pada tahun 2018 di Universitas Islam Riau sebagai tuan rumah EA II. Sementara itu ajang EA III Tahun 2019 dan EA IV Tahun 2020 berturut-turut dilaksanakan di Universitas Ibnu Sina Kepulauan Riau dan Universitas Batanghari Jambi. EA V Tahun 2021 dilaksanakan di Universitas Bung Hatta Sumatera Barat. Melihat suksesnya pelaksanaan EA selama Lima tahun berturut-turut di LLDIKTI X, sejak Tahun 2022 EA dilaksanakan penghargaan kepada mahasiswa PTS se-Indonesia yang telah melalui berbagai proses seleksi yang diadakan di Universitas Lancang Kuning sebagai tuan rumah EA VI. Tahun 2023 Pelaksanaan EA VII terakhir dilaksanakan di STIKES Hang Tuah Tanjung Pinang. Ajang EA ini terus berlanjut hingga Entrepreneurship Award VIII Tahun 2024 akan dilaksanakan di Universitas Muhammadiyah Jambi, dengan tema:

“IMPLEMENTASI MBKM MELALUI AJANG ENTERPRENEURSHIP AWARD UNTUK MENCIPTAKAN WIRAUSAHA MUDA YANG KREATIF DAN INOVATIF”

Bentuk kompetisi kewirausahaan yang digagas berupa Entrepreneurship Award VIII Tahun 2024 diharapkan dapat menumbuhkembangkan jiwa kewirausahaan yang diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari dan mengatasi berbagai isu-isu sosial dan lingkungan yang ada di tengah masyarakat saat ini.

Untuk mengapresiasikan implementasi yang telah dilakukan ataupun atas ide yang diusulkan oleh para mahasiswa tersebut, Entrepreneurship Award VIII akan memberikan penghargaan kepada peserta terbaik.

Hello!

Klik salah satu customer service kami untuk mengobrol di WhatsApp atau kirim email kepada kami [email protected]

Support Person in Charge EA 1
6282170927565
Support Person in Charge EA 2
6281374021236
Hubungi kami dari pukul 08.00 WIB sampai dengan 16.00 WIB
Halo! Apa yang bisa kami bantu?
×
Apa yang bisa saya bantu?